UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
PUSAT PENILAIAN PENDIDIKAN
Selamat
Datang di
Laman USBN


Jadwal Kegiatan
Distribusi Panduan Penomoran Soal
MULAI
SELESAI
07 December 2018
25 January 2019

DIstribusi 20-25% Soal Pusat SMA/MA Sederajat
MULAI
SELESAI
29 January 2019
28 February 2019

Distribusi 20-25% Soal Pusat SMK/MAK
MULAI
SELESAI
29 January 2019
28 February 2019

DIstribusi 20-25% Soal Pusat SMP/MTs Sederajat
MULAI
SELESAI
14 February 2019
14 March 2019

Distribusi 20-25% Soal Pusat Program Paket C/Ulya
MULAI
SELESAI
14 February 2019
14 March 2019

Distribusi 20-25% Soal Pusat Program Paket B/Wusta
MULAI
SELESAI
14 February 2019
14 March 2019

Distribusi 20-25% Soal Pusat SD/MI Sederajat
MULAI
SELESAI
28 February 2019
28 March 2019
Berita Terkini

POS UN 2018/2019
umum
  2019-01-03
  10:41

PERATURAN BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN NOMOR: 0047/P/BSNP/XI/2018 TENTANG PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PENYELENGGARAAN UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dapat diunduh disini:

POS UN

POS USBN 2018/2019
umum
  2019-01-03
  10:41

PERATURAN BADAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN NOMOR: 0048/BSNP/XI/2018 TENTANG PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PENYELENGGARAAN UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dapat di unduh disini:

POS USBN

Pedoman Penilaian Oleh Pendidik dan Modul USBN
umum
  2019-01-03
  10:41

Pusat Penilaian Pendidikan, Penilaian adalah bagian dari kurikulum. Penilaian merupakan alat evaluasi yang berfungsi sebagai gambaran ketercapaian Standar Nasional pendidikan. Penilaian dalam kurikulum 2006 maupun 2013 memiliki cakupan yang sama untuk dinilai, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dilakukan secara berimbang dan terintegrasi dalam proses pembelajaran, sehingga dapat digunakan untuk mengukur ketercapaian kompetensi untuk setiap peserta didik terhadap standar yang telah ditetapkan. Implementasi Kurikulum 2013 berimplikasi pada model penilaian pencapaian kompetensi peserta didik yang harus dilakukan oleh pendidik. Penilaian oleh pendidik tidak hanya berfokus pada penilaian hasil belajar, tetapi juga harus memperhatikan proses penilaian yang sifatnya lebih kualitatif untuk proses perbaikan pembelajaran baik untuk pendidik maupun untuk peserta didik. Instrumen penilaian harus dirancang secara bervariasi sesuai tuntutan dalam kurikulum dan dibuat sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian yang tepat. Untuk dapat mengembangkan penilaian sesuai tuntutan tersebut, maka dibutuhkan langkah-langkah perencanaan dan pengembangan instrumen penilaian yang tepat yang mengacu pada indikator-indikator pembelajaran dan kompetensi dasarnya. Sehubungan dengan hal di atas, Puspendik–Balitbang Kemendikbud yang bergerak di bidang penilaian, menyempurnakan buku pedoman penilaian hasil belajar yang sudah dikembangkan sebelumnya, sesuai dengan kebijakan baru berkaitan dengan penilaian, sehingga secara umum buku ini dapat dijadikan acuan oleh pendidik dari sekolah-sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Buku Pedoman Penilaian Kelas oleh Pendidik dapat di download melalui lampiran di bawah ini.
1. Pedoman Penilaian Oleh Pendidik
2. Modul USBN 2018

PEDOMAN PENULISAN SOAL
umum
  2019-01-03
  10:40

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Penilaian Pendidikan dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap guru atau praktisi Pendidikan dalam hal penulisan soal, telah dibuat Pedoman Penulisan Soal yang terbagi menjadi Pedoman Penulisan Soal SD/MI, Pedoman Penulisan Soal SMP/MTs, Pedoman Penulisan Soal SMA/MA dan SMK/MAK. Kunjungi link berikut untuk mendownload pedoman:

  1. Pedoman Penulisan Soal SD/MI
  2. Pedoman Penulisan Soal SMP/ MTs
  3. Pedoman Penulisan Soal SMA/ MA dan SMK/ MAK
VIDEO TUTORIAL PENULISAN SOAL
umum
  2019-01-03
  10:40

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Penilaian Pendidikan dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap guru atau praktisi Pendidikan dalam hal penulisan soal, telah dibuat video tutorial untuk Penulisan Kisi-Kisi, Penulisan Soal Pilihan Ganda, Penulisan Soal Uraian dan Isian serta Penulisan Soal HOTS,  Kunjungi link berikut untuk mendownload video:

  1. Penulisan Kisi-Kisi;
  2. Penulisan Soal Pilihan Ganda;
  3. Penulisan Soal Uraian;
  4. Penulisan Isian; dan
  5. Penulisan Soal HOTS
Data Pendukung